Info Sekolah
Selasa, 19 Agu 2025
  • SEMAKASARI BISA HEBAT LUAR BIASA
  • SEMAKASARI BISA HEBAT LUAR BIASA
5 Agustus 2025

“Pelatihan Pembelajaran Mendalam Bagi Guru SMK di SMKN 1 Tegalsari” Hari Kedua

Sel, 5 Agustus 2025 Dibaca 76x Uncategorized

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pelatihan guru dengan pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) yang berfokus pada dimensi profil lulusan dan prinsip serta pengalaman belajar.


Penjelasan Isi Poster:

Hari ke-2: 5 Agustus 2025

Fokus Pelatihan Hari Kedua:

  1. Dimensi Profil Lulusan
  2. Prinsip dan Pengalaman Belajar

Dimensi Profil Lulusan

Materi ini bertujuan untuk membekali guru dalam:

  • Memahami dan menerapkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu:
    • Beriman dan bertakwa
    • Berkebinekaan
    • Gotong royong
    • Bernalar kritis
    • Kreatif
    • Mandiri
  • Mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam proses pembelajaran
  • Menciptakan pembelajaran yang bukan hanya akademik, tapi juga berkarakter dan kontekstual

Prinsip dan Pengalaman Belajar

Peserta pelatihan diajak untuk:

  • Merefleksikan pengalaman belajar yang sudah mereka alami
  • Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan prinsip:
    • Aktif
    • Kolaboratif
    • Kontekstual
    • Reflektif
  • Menganalisis kasus nyata dalam pembelajaran
  • Mendesain pengalaman belajar yang bermakna dan aplikatif untuk murid

Visual Pendukung:

  • Foto-foto kegiatan menunjukkan suasana aktif dan kolaboratif
  • Guru-guru terlihat terlibat dalam diskusi dan penyusunan strategi pembelajaran
  • Ada dokumentasi narasumber yang menyampaikan materi dengan antusias

Sambutan Kepala Sekolah

Gatot Kurnianto, S.Pd., M.M. selaku Kepala SMKN 1 Tegalsari, tampil pada poster ini sebagai bentuk dukungan terhadap program peningkatan kapasitas guru.


Kontak dan Media Sosial:

Tercantum akun resmi:


Kesimpulan:

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  • Menguatkan kapasitas guru dalam merancang pembelajaran yang mendalam
  • Menghubungkan teori dan praktik agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna
  • Mewujudkan guru penggerak yang transformatif dan berdampak langsung pada kualitas pembelajaran
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.